Langsung ke konten utama

Apakah sinar biru memang berbahaya bagi mata kita?

Belakangan sedang trend bahaya sinar biru bagi kesehatan mata kita, apakah benar demikian atau ini hanya sekedar trick merk2 lensa dalam memasarkan lensa anti blue ray? Jawabannya: iya, sangat berbahaya !!!

Kenapa?

Spectrum sinar yang di terima oleh mata kita berasal dari sinar Matahari maupun artificial light (seperti lampu, sinar gadget, komputer dan sejenisnya). Artificial light mengandung sinar biru yang berbahaya bagi mata kita. Hanya tingkatannya yang berbeda2 dari setiap sumber, yang paling besar berasal dari gadget, komputer atau perangkat elektronik lainnya yang sejenis, yang kita gunakan setiap waktu.

Mata kita dapat melihat sinar dengan panjang gelombang >400nm, sinar UV yang berbahaya bagi mata mempunyai panjang gelombang <400nm. Sinar Biru mempunyai panjang gelombang 415nm-455nm, sehingga dapat terlihat oleh mata kita, beda dengan sinar UV yang mempunyai panjang gelombang kurang dr 400nm. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa sinar biru lebih berbahaya daripada sinar UV karena dampaknya akan langsung terlihat dan terasa oleh mata kita.

Perlu diingat tidak semua sinar biru berbahaya bagi mata kita, sinar biru ada 2 macam: biru ungu dan biru tosca. Sinar biru tosca sangat menguntungkan bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan membantu siklus tidur/bangun anda. Terutama pada anak2, dimana mata anak2 masih sangat membutuhkan sinar biru tosca untuk perkembangan mata anak, terutama melatih refleks penyempitan pupil, yang merupakan perlindungan alami retina melawan paparan sinar yang berlebihan.


Tetapi sinar biru ungu yang sangat berbahaya bagi mata kita, yang dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan (Eye Strain) pada mata anda setiap hari. Beberapa gejala penyakit akibat ketegangan pada mata (digital eye strain) diantaranya adalah sakit kepala (pusing), penglihatan kabur, susah tidur, serta mata terasa kaku dan tegang. Kaitannya dengan kebutaan, ketegangan pada mata menempati peringkat ketiga dalam penyakit penyebab kebutaan. Hasil penelitian yang di lakukan di Amerika menyatakan bahwa sekitar 60 % orang dewasa mengalami (digital eye strain) yang diakibatkan oleh penggunaan ponsel pintar, televisi, tablet dan beberapa gawai (gadget) lainnya secara terus-menerus. Semakin meningkatnya pengguna gadget, maka akan semakin banyak yang menderita gejala digital eye strain.

Seiiring bertambahnya usia kita, sinar biru ungu dapat menimbulkan kerusakan retina pada mata kita, atau istilah kedokteran nya dikenal sebagai AMD  dan sampai sekarang tidak ada metode kedokteran yang dapat menyembuhkannya. Disamping itu pula efek sinar biru ungu yang berlebihan terutama pada malam hari dapat menurunkan hormon Melatonin, yang menimbulkan susah tidur di malam hari. Defisiensi atau kekurangan hormon Melatonin akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia, tidur tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan gangguan irama jantung (Aritmia).


Apa itu AMD (Age-Related Macular Degeneration)?
Suatu kondisi kerusakan Retina mata pada bagian Macular yang berfungsi untuk ketajaman dan focus mata pada object lurus, seperti melihat wajah seseorang, mengemudi, membaca, menulis dan intermedite activities. Macular adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai penglihatan tengah,penderita degenerasi makula akan mengalami gangguan pada penglihatan sentralnya karena  sel pada macularnya sudah rusak akibat paparan sinar UV dan sinar biru ungu, sayangnya penyakit ini belum bisa disembuhkan dan merupakan penyebab kebutaan.AMD Tingkat Akhir (Advanced Neovascular AMD), kacamata tidak akan membantu penglihatan, tindakan medis adalah salah satu cara untuk membantu penglihatan 50%-60% normal kembali  (Injections Retina, Photodynamic Therapy & Laser Surgery)

Itulah kenapa kita memerlukan lensa anti blue ray yang berkwalitas bagi mata anda. Sekarang ini banyak sekali product lensa anti blue ray dengan harga murah (150k-300k), apakah kwalitas sama dengan yang ditawarkan brand2 ternama seperti Essilor, HOYA, NIKON & Carl Zeiss?. Jawabannya tidak sama, perbedaannya terletak pada sinar biru yang diterima mata kita. pada lensa anti blue ray yang murah, semua lensa biru dibelokkan semua! termasuk sinar biru tosca yang sangat menguntungkan bagi kita terutama anak2. Perlu diingat brand2 ternama sebelumnya memerlukan riset labotarium bertahun2, yang akhirnya mereka berani mengeluarkan lensa anti Blue Ray yang benar2 berkwalitas.

Apabila anda pernah melihat demo lensa anti Blue Ray yang murah, dimana bila ditembakkan sinar blue ray, semua sinar biru tidak ada yang menembus ke sisi dalam lensa. Beda dengan lensa anti blue ray yang berkwalitas, dimana ada sinar biru yang menembus ke sisi dalam lensa yaitu sinar biru tosca (Light Scan Technology)

Essilor Crizal Prevencia merupakan lensa yang memberikan full protection terhadap sinar UV dan blue light. Berkat teknologi Light Scan, sinar biru tosca yang berguna sekali bagi kesehatan kita diteruskan ke mata kita dan memblock sinar biru ungu yang berbahaya bagi mata. Pada Essilor Crizal Prevencia juga sudah terdapat lapisan anti UV terbaik sekarang ini dengan ESPF-25 (25x melindungi mata apabila menggunakan lensa tanpa anti UV), dimana lapisan UV terdapat pada pada bagian luar dan sisi lensa. Lapisan UV pada Essilor Crizal Forte UV dan Crizal Prevencia, sangat membantu kita untuk mengurangi silau terutama saat kita berkendaraan pada malam hari.  Lapisan Crizal pada product Essilor membuat lensa kita sangat jernih, licin, anti refleksi, lebih tahan terhadap goresan disamping itu debu & air tidak mudah menempel pada lensa.



Kesimpulan:
Dari apa yang sudah jelaskan diatas, apakah 'worth it' anda membeli lensa blue ray yang berkwalitas demi kesahatan mata anda terutama anak2? Kembali kami hanya bisa memberikan advise terbaik untuk kesehatan mata anda, keputusan tergantung anda dalam membeli lensa anti blue ray yang berkwalitas, seperti Essilor Crizal Prevencia. Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa harga lensa progresif bisa sampai jutaan?

Pernah mendengar pepatah "Apa yang kamu bayarkan, itu yang kamu dapatkan". Pepatah ini berlaku juga pada kwalitas lensa, yang dalam hal ini kami bahas khusus tentang lensa progresif. Lensa progresif itu ada 3 tingkat desain, yang kami coba jelaskan dr yang termurah ke yang termahal. Tingkat 1, adalah yang termurah (harga berkisar 300k-400k), jenis progresif ini menggunakan teknik penggosokan konvensional/traditional, atau sekarang ini dinamakan desain PAL. Dimana hanya pada bagian luar lensa saja. Jelas abrasi/distorsi kiri kanan lensa sangat besar dan luas pandang jauh dan membaca menjadi sangat sempit. Tingkat 2, untuk berbagai macam merk lensa namanya berbeda2 misalnya pada Essilor (Varilux Liberty 3.0, Comfort 3.0 dan Pyhsio 3.0), HOYA (Aplitude Dynamic, Summit Dynamic dan Premium Dynamic), dan sebagainya. Pada tingkat 2 ini istilah umumnya desain Free Form/Digital, dimana penggosokan pada bagian dalam lensa. Sehingga memberikan kenyamanan yang lebih dr tin

Perbedaan jenis-jenis Essilor Varilux

Kami akan mencoba menjelaskan kembali perbedaan jenis-jenis progresif Essilor Varilux Berikut urutan kelas  Essilor Varilux dari seri tertinggi sampai terendah: 1. S.Series 2. Physio 3.0 Digital 3. Comfort 3.0 Digital 4. Liberty 3.0 Digital Semakin tinggi kelas Variluxnya maka semakin luas lapang pandang dan smakin minim daerah distorsi ( daerah berbayang pd lensa progressive). Disamping itu juga semakin tinggi kelas Varilux harganya semakin mahal. Dengan adanya kelas ini tidak dianjurkan untuk turun kelas misalkan customer sudah pakai Comfort dan akan mengganti ke Liberty, kenyamanannya akan berbeda. Dengan melihat kelas progressive dapat membantu kita memilihkan lensa sesuai resep pemakai kacamata. Misalkan: resep dengan nilai ADD sudah lbh dari +2.00 dan ukuran jauh dengan nilai kombinasi spheris dan cylinder yg tinggi,tentunya kita bisa memilihkan lensa yg kelasnya lebih tinggi untuk memudahkan customer beradaptasi saat memakai lensa progressive sehingga nya

Tips memakai progressive lens

Ada beberapa kasus dimana custumer kesulitan memakai lensa progresif, disini kami coba memberikan beberapa tips agar anda terbiasa menggunakan lensa progresif. Kunci utama agar anda nyaman menggunakan lensa progresif adalah kesabaran, dimana kita dituntut merubah kebiasaan melihat dr lensa single vision yang kita gunakan bertahun2, diganti menjadi lensa progresif (multifocal lens). Apabila anda sudah terbiasa menggunakan lensa progresif, anda akan sangat terbantu dalam aktifitas anda sehari2 dengan lensa progresif. Lensa progresif merupakan lensa multifocal dimana bagian atas merupakan area untuk melihat jauh, tengah untuk melihat komputer dan bawah merupakan area untuk anda membaca. Harus diingat bahwa setiap lensa progresif pasti terdapat daerah abrasi/distorsi pada kiri kanan lensa, hal ini terasa terutama pada saat anda melirik kiri kanan. Oleh sebab itu ada beberapa tingkatan lensa progresif, seperti yang pernah kami bahas sebelumnya ( http://artikeloptikbryant.blogspot.co.id/2